Kesehatan Wanita

Cara Alami Atasi Keputihan Berwarna Hijau

184views

KEPUTIHAN adalah hal yang normal pada setiap wanita. Tapi, jika warna keputihan berubah menjadi warna hijau, kamu perlu waspada karena bisa saja mengalami infeksi trikomoniasis. Adakah cara menghilangkan keputihan hijau secara alami? Trikomoniasis adalah jenis infeksi yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Dari namanya, Anda bisa tahu bahwa parasit ini umumnya memang menyerang area vagina.

Infeksi ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak terproteksi, sehingga membuatnya termasuk ke dalam salah satu penyakit menular seksual (PMS). Keputihan berwarna hijau akibat infeksi parasit biasanya disertai juga dengan gejala lain, seperti berbuih, berbau tidak sedap bahkan seperti busuk, gatal hebat, dan nyeri saat buang air kecil atau berhubungan intim. Pada dasarnya, tidak ada cara menghilangkan keputihan hijau secara alami. Infeksi trikomoniasis harus diobati dengan obat-obatan spesifik yang dapat membunuh parasit Trichomonas vaginalis, seperti metronidazole atau tinidazole. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengobati dan mencegah kambuhnya keputihan berwarna hijau. Berikut cara-caranya.

  1. Menjaga Kebersihan Organ Intim

Selama pengobatan, sangat penting untuk selalu memperhatikan kebersihan organ intim Anda. Cucilah area gential 2 hingga 3 kali sehari dengan air hangat mengalir dan sabun yang lembut. Hindari pemakaian cairan khusus pencuci vagina, karena dapat mengubah pH alami vagina sekaligus membunuh flora normal di vagina.

  1. Basuh Vagina dengan Arah yang Tepat

Untuk membantu mengatasi keputihan berwarna hijau secara alami, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membasuh organ intim secara benar. Ini penting diperhatikan, karena masih banyak orang-orang yang tidak peduli dengan arah basuh vagina yang tepat. Jadi, basuhlah vagina dari arah depan ke belakang. Hal ini dilakukan agar kuman dari anus tidak terbawa ke depan.

  1. Hindari Celana Dalam yang Ketat

Penggunaan celana dalam yang ketat harus Anda hindari, tidak hanya selama  pengobatan keputihan hijau tetapi juga dalam keseharian Anda. Celana dalam yang ketat dapat membuat area vagina jadi lebih gampang berkeringat dan lembap, sehingga bakteri, parasit, atau jamur lebih mudah berkembang biak dan menyebabkan penyakit. Lalu, pilihlah jenis celana dalam dengan bahan katun. Jangan pilih celana dalam ketat dengan bahan sintetis.

  1. Keringkan dengan Handuk

Setelah membasuh area genital, pastikan Anda selalu mengeringkannya terlebih dahulu menggunakan handuk sebelum memakai celana dalam.  Ini berguna untuk menghindari celana dalam yang basah dan bisa membuat vagina menjadi lembap. Vagina yang basah dan lembap dapat membuat kuman mudah tumbuh, dan bakteri jahat senang di dalamnya.

  1. Perhatikan Pemakaian Pantyliner

 Saat keputihan menjadi banyak, sering kali wanita menggunakan pantyliner agar keputihan tidak mengotori celana. Sayangnya, penggunaan pantyliner ini sering kali keliru. Banyak wanita yang menggunakan pantyliner berjam-jam tanpa diganti. Seharusnya pantyliner rajin diganti setiap 3-4 jam sekali agar vagina tetap kering dan bersih. Bahkan, bisa saja diganti lebih cepat kalau Anda sudah merasa bagian organ intim basah atau lembap.

  1. Tidak Melakukan Hubungan Intim untuk Sementara Waktu

Saat dalam masa pengobatan keputihan hijau, ada baiknya untuk tidak melakukan hubungan intim sementara waktu. Hal ini bertujuan agar Anda tidak menularkan penyakit ke pasangan dan juga agar penyakit tersebut tidak bertambah parah. Diskusikan dengan pasangan Anda untuk absen sementara dari hubungan intim, atau mencari aktivitas seru di ranjang selain berhubungan intim, misal dengan memberi pijatan satu sama lain.

  1. Tidak Bergonta-ganti Pasangan

Setelah pengobatan keputihan hijau sembuh, Anda sebaiknya tidak bergonta-ganti pasangan seksual. Karena salah satu penyebab dari keputihan hijau adalah penyakit menular seksual. Jika melakukan hubungan seksual yang berisiko, ingatlah untuk selalu memakai kondom untuk mencegah penularan penyakit melalui hubungan seksual. Itulah cara menghilangkan keputihan hijau secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah bersamaan dengan mengonsumsi obat dari dokter.

Ingat, cara-cara di atas tidak menyembuhkan keputihan hijau. Tapi, harus dilakukan agar penyakit Anda bisa segera teratasi dan juga untuk mencegah keputihan abnormal. Segera periksakan diri Anda ke dokter jika mengalami keputihan yang berwarna hijau.*(Sumber: KlikDokter.com)

Leave a Response