Kesehatatan Pria

Bukan Cuma Segar, Ini 7 Manfaat Makan Belimbing untuk Ibu Hamil

333views

Penulis: Dimas Laksono

SEBAGAI buah yang tumbuh subur di negara tropis, belimbing mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Belimbing yang masih muda akan berwarna hijau, lalu berubah menjadi kuning mengilap saat matang. Buah ini merupakan sumber antioksidan dan mengandung banyak nutrisi penting.
Meski dikenal kaya nutrisi dan memiliki rasa yang menyegarkan, apakah ibu hamil boleh makan belimbing dan adakah risiko yang mungkin timbul jika ibu hamil makan buah ini? Kemudian, apakah ada manfaat makan belimbing untuk ibu hamil? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasannya berikut ini:
Kandungan Gizi Belimbing
Dalam satu buah belimbing berukuran sedang (91 gram), berikut kandungan gizinya:

• Serat: 3 gram
• Protein: 1 gram
• Karbohidrat: 5 gram
• Vitamin C: 52%
• Vitamin B5: 4%
• Folat: 3%
• Zat besi: 6%
• Kalium: 3%
• Magnesium: 2%

Kandungan karbohidrat, senyawa karotenoid, asam organik, mineral, dan beberapa nutrisi penting lain bermanfaat untuk menjaga kesehatan selama hamil.

Manfaat Belimbing untuk Ibu Hamil
Apakah aman mengonsumsi belimbing untuk ibu hamil? Menurut keterangan dr. Dyah Novita Anggraini, ibu hamil tanpa riwayat penyakit ginjal dan alergi boleh mengonsumsi belimbing. “Untuk mendapat manfaat positif dari belimbing saat hamil, Mama bisa mengonsumsi satu buah belimbing per hari,” kata dr. Dyah.

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi belimbing untuk ibu hamil:
1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Makan belimbing saat hamil dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna memerangi bakteri dan virus. Kandungan vitamin C pada belimbing berfungsi sebagai antioksidan yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.
2. Menjaga Kesehatan Mata
Belimbing merupakan sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata ibu hamil dan janin. Buah ini dapat melindungi mata dari infeksi serta iritasi. Mama harus tahu kalau salah satu jenis belimbing dengan kandungan vitamin A tertinggi adalah belimbing wuluh.
3. Melancarkan Pencernaan
Masalah pencernaan sering kali muncul selama kehamilan. Saat ini terjadi, Mama bisa mulai mengonsumsi buah belimbing. Manfaat belimbing untuk ibu hamil juga bisa mengobati diare, gangguan lambung, dan sembelit. Untuk tahu batasan makan belimbing selama hamil, Mama bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan.
4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ternyata kalium pada belimbing bisa bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi saat hamil. Jika dikonsumsi secara rutin, belimbing terbukti bisa meminimalkan risiko darah tinggi dan strok.
5. Mencegah Kanker
Antioksidan yang tinggi dalam belimbing sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari perkembangan sel kanker, terutama saat hamil.
6. Melancarkan Buang Air Kecil
Jenis belimbing wuluh dikenal dapat melancarkan buang air kecil. Mama bisa membuat jus belimbing untuk ibu hamil dan ditambahkan madu untuk melancarkan buang air kecil.
7. Mengurangi Kolesterol
Konsumsi belimbing secara rutin bisa mengurangi kolesterol jahat dalam darah, terutama saat hamil. Kadar kolesterol yang stabil sangat penting untuk kesehatan Mama dan janin selama hamil.
Kondisi Bumil yang Tidak Disarankan Mengonsumsi Belimbing
Bolehkah ibu hamil makan belimbing? Jawabannya boleh saja, karena buah ini memiliki banyak manfaat untuk kehamilan. Namun, bagi beberapa orang, belimbing bisa menimbulkan efek yang kurang baik. Berikut dua kondisi saat hamil yang tidak disarankan mengonsumsi belimbing:

Memiliki Penyakit Ginjal
Ibu hamil yang memiliki penyakit ginjal sebaiknya menghindari konsumsi belimbing. Jika penasaran, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kandungan. Bagi penderita penyakit ginjal, belimbing bisa memperburuk kondisi kesehatan. Hal ini, karena buah belimbing mengandung oksalat (senyawa alami pada makanan) yang cukup tinggi. Oksalat yang terlalu banyak masuk ke tubuh akan menimbulkan penumpukan kristal kalsium di batu ginjal. Penderita penyakit ginjal bisa mengalami kepala pening, kejang-kejang, atau bahkan yang terburuk kematian, karena rusaknya fungsi ginjal.

Rutin Mengonsumsi Obat
Ibu hamil yang punya kewajiban mengonsumsi obat rutin harian sebaiknya tidak langsung memilih belimbing sebagai alternatif nutrisi. Belimbing bisa mengubah kerja obat dan membawa dampak buruk untuk kesehatan.

Mama, itulah berbagai manfaat makan buah belimbing selama hamil dan kondisi yang kurang disarankan mengonsumsi buah tersebut. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum makan belimbing selama hamil.**(Tulisan di atas sudah diitinjau oleh: dr. Dyah Novita/Sumber: KlikDokter.com)

Leave a Response