Kesehatan Wanita

Buah-buahan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

257views

MAKAN makanan yang mengandung vitamin, seperti buah-buahan, menjadi asupan zat gizi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil. Namun kenyataannya, terdapat sejumlah buah yang dilarang untuk ibu hamil. Beberapa buah ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan, baik pada Bunda atau janin yang ada dalam kandungan. Lantas, apa saja jenis buah-buahan tersebut? Berikut beberapa buah yang harus dihindari ibu hamil:

1. Pepaya Mentah

Meski pepaya kaya akan nutrisi yang penting untuk tubuh, tetapi buah yang satu ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Pepaya yang belum matang sepenuhnya, memiliki zat sejenis lateks dan papain yang tinggi. Kandungan tersebut bisa merangsang kontraksi pada ibu hamil. Biasanya, pepaya muda yang belum matang dapat dikenali dengan mudah karena kulitnya berwarna hijau gelap, dengan daging buahnya yang berwarna putih pucat. Sementara pepaya matang memiliki kulit berwarna kuning atau oranye, dan mengandung berbagai vitamin penting yang baik untuk ibu hamil.

2. Nanas Muda

Mungkin Bunda sudah sering mendengar bahwa nanas muda merupakan salah satu buah yang dilarang untuk ibu hamil. Hal ini ternyata tidak sepenuhnya salah, karena nanas mengandung bromelain atau enzim yang dapat memecah protein. Jika kadarnya tinggi, enzim tersebut dapat mengganggu keseimbangan protein, sehingga menyebabkan perdarahan. Menurut Medical Journal of Lampung University, konsumsi nanas muda pada awal masa kehamilan sebaiknya dibatasi agar tidak berlebihan. Oleh karenanya, mungkin ini menjadi alasan kenapa nanas masuk dalam deretan buah yang tidak boleh dimakan saat hamil muda.

3. Asam Jawa

Saat hamil, tidak jarang beberapa orang mengidamkan makanan dengan rasa yang tajam, salah satunya asam jawa. Walaupun asam jawa sering digunakan sebagai penangkal mual di pagi hari, mengonsumsinya secara berlebihan dapat berbahaya bagi ibu hamil. Asam jawa mengandung vitamin C yang tinggi. Ketika asam jawa dikonsumsi berlebihan, produksi hormon progesteron dalam tubuh tertahan. Rendahnya kadar progesteron dalam tubuh ini berpotensi menyebabkan keguguran, bahkan hingga merusak sel janin. Oleh karena itu, asam jawa masuk kategori buah yang sebaiknya tidak boleh dimakan ibu hamil dalam jumlah yang banyak.

4. Pisang

Kebanyakan orang mungkin akan terkejut ketika mengetahui bahwa pisang menjadi salah satu buah yang harus dihindari oleh ibu hamil. Jika Bunda gemar makan pisang, jangan khawatir, karena buah ini tidak dianjurkan untuk dimakan pada beberapa kondisi saja. Kandungan chitinase atau zat semacam lateks yang ada di dalam pisang dikenal sebagai alergen. Oleh karenanya, dapat berbahaya pada ibu hamil yang memiliki alergi atau menderita diabetes gestasional. Selain itu zat tersebut juga bisa membuat temperatur tubuh meningkat. Jadi, ibu hamil yang alergi terhadap zat chitinase, sebaiknya tidak mengonsumsi pisang.

5. Kurma

Kurma memang menjadi buah yang kaya akan nutrisi. Akan tetapi, ibu hamil dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Salah satu alasannya adalah karena kurma dapat meningkatkan suhu tubuh. Selain itu, kurma juga menjadi buah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil secara berlebihan karena dapat merangsang kontraksi rahim. Akan tetapi, makan kurma sebanyak satu hingga dua buah per hari ternyata masih aman, asalkan tidak berlebihan.

6. Semangka

Semangka termasuk ke dalam buah yang sangat menyehatkan. Semangka dapat membantu tubuh untuk membuang racun sambil menghidrasinya. Akan tetapi, makan semangka secara berlebihan juga tidak disarankan pada ibu hamil. Soalnya, semangka mengandung gula di dalamnya, apabila dikonsumsi secara berlebihan, khawatir akan meningkatkan glukosa pada darah.

7. Jus Buah Segar

Kebanyakan buah-buahan memang aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun, sebaiknya Bunda meminum jus yang dipasteurisasi, yakni yang dipanaskan dengan suhu dan waktu tertentu agar bakteri yang ada di dalamnya dapat hancur. Hindari untuk membeli jus segar karena mungkin saja di dalamnya ada bakteri yang bisa menimbulkan masalah kesehatan. Apalagi jika buah tidak dicuci bersih. Berdasarkan American Pregnancy Association, beberapa bakteri ini dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti influenza, mual, diare, keguguran, bahkan hingga kelahiran mati dan persalinan prematur.

8. Buah yang Tidak Dicuci

Ketika masa kehamilan, penting untuk mengonsumsi buah yang sudah dicuci bersih. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri berbahaya atau tanah yang menempel pada kulit buah. Perlu diingatkan kembali, bahwa deretan buah di atas dilarang untuk ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebihan atau tidak dicuci bersih. Jadi, Bunda sebenarnya tetap boleh mengonsumsinya, asal porsinya tidak terlalu banyak dan dicuci bersih.

Apabila Bunda punya pertanyaan lain seputar nutrisi ibu hamil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan di kota Bunda berada, atau melalui layanan tanya dokter online lewat aplikasi KlikDokter untuk mendapatkan informasi kesehatan Bunda dan janin selama masa kehamilan.**(Penulis: Siti Nurmayani Putri/Artikel sudah ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter/Sumber: KlikDokter.com)

Leave a Response