Seks

Bolehkah Minyak Goreng Jadi Pelumas Seks?

1.4kviews

Oleh: dr. Sara Elise Wijono, MRes.

BAGI beberapa pasangan, penggunaan pelumas memang dibutuhkan untuk mencapai kenikmatan berhubungan seks. Pelumas dapat mengurangi rasa sakit ketika berhubungan seks. Tapi, ada saja bahan-bahan alami yang dianggap bisa jadi “alternatif” pelumas seks, salah satunya minyak goreng. Apakah minyak goreng untuk pelumas aman digunakan? Baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Minyak Goreng untuk Pelumas Seks? Ini dari Segi Medis

Minyak goreng sebagai pelumas sebenarnya aman-aman saja digunakan. Hanya saja, jenis minyak gorengnya harus diperhatikan. Seperti yang diketahui, minyak goreng ada bermacam-macam jenisnya. Ada minyak kelapa, minyak zaitun, minyak jagung, dan sebagainya. Nah, dari semua jenis minyak tersebut, minyak zaitun dan minyak kelapa lah yang tergolong aman untuk dijadikan pelumas seks.

Minyak kelapa memiliki kandungan yang bersifat antijamur dan antibakteri yang bisa menghindarkan vagina maupun penis dari serangan bakteri. Menurut National Center for Biotechnology Information, Amerika Serikat, lebih dari 60 persen wanita di Amerika Serikat membutuhkan pelumas untuk kelancaran seks. Pelumas berbahan alami seperti minyak dijadikan pilihan utama.

Walau minyak kelapa bisa mengatasi vagina kering ketika berhubungan seks, tetap perlu diperhatikan bahwa penggunaannya tidak boleh dicampur dengan bahan-bahan kimia lainnya. Jadi, jika Anda memilih minyak kelapa yang sudah dicampur dengan bahan lain, maka risiko infeksi pada organ intim akan sangat tinggi.

Perhatikan Ini Sebelum Pakai Minyak Goreng sebagai Pelumas!

Meski beberapa jenis minyak goreng untuk pelumas seks tergolong aman, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum menggunakannya, di antaranya:

1. Belum Pernah Digunakan untuk Memasak

Hindari menggunakan minyak goreng yang sudah digunakan. Misalnya, Anda baru saja selesai menggoreng kentang menggunakan minyak zaitun. Kalau begitu, jangan gunakan minyak bekas ini sebagai pelumas. Selain bisa menimbulkan risiko infeksi, penggunaan minyak bekas juga bisa merusak kulit organ intim Anda.

2. Oleskan Secukupnya

Untuk menghindari efek samping pelumas minyak goreng, Anda tidak perlu mengoleskan minyak secara berulang saat berhubungan seks. Pelumas dari minyak berbeda dengan pelumas seks yang terbuat dari air, sehingga tidak mudah kering dan menyerap di kulit.

3. Jangan Langsung Gunakan Minyak Sebagai Pelumas

Sebelum memakai minyak goreng untuk pelumas seks, Anda sebaiknya mewaspadai risiko alergi yang dapat ditimbulkannya. Demi mencegah hal ini, hindari menggunakan langsung minyak pada kulit. Ini berguna untuk menghindari risiko terjadinya alergi. Anda bisa melakukan tes lebih dulu di kulit. Ingatlah, baik minyak kelapa maupun zaitun, keduanya masih bisa menimbulkan alergi.

4. Jangan Digunakan Terus-menerus

Menggunakan minyak goreng untuk pelumas seks secara terus-menerus bisa memicu infeksi pada vagina. Sebab, minyak kelapa (basa) memiliki pH yang berbeda dengan vagina (asam), sehingga bisa mengganggu pertumbuhan flora normal vagina.

Cara Memakai Minyak Goreng sebagai Pelumas Seks

Setelah yakin Anda tidak alergi, berarti Anda aman-aman saja untuk menggunakan minyak goreng sebagai pelumas. Tentunya dengan memperhatikan empat tips di atas, ya. Namun sebelumnya, pahamilah cara yang benar dalam menggunakan minyak goreng untuk pelumas seks. Sebenarnya, cara menggunakan minyak ini cukup sederhana dan sama saja seperti menggunakan pelumas berbahan lainnya. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

• Tuangkan sedikit minyak goreng pada jari-jari Anda.
• Usapkan jari-jari untuk meratakan minyak goreng dan menghangatkannya.
• Oleskan jari yang berminyak ke kelamin. Anda atau pasangan Anda bisa bergantian untuk mengoleskannya.
• Pengolesan minyak goreng sebagai pelumas dapat dilakukan menjelang akhir sesi foreplay.
• Setelahnya, jangan lupa untuk membersihkan diri.

Sebagai catatan, tekstur minyak goreng tebal, sehingga membuat minyak jadi tidak menyerap di kulit. Jadi, segera bersihkan diri setelahnya agar tidak menimbulkan masalah pada organ intim. Perlu diingat juga, efek samping pelumas minyak goreng juga dapat membuat seprai berminyak. Solusinya, gunakan alas saat berhubungan intim atau cuci seprai setelahnya. Noda minyak pada seprai umumnya mudah dibersihkan dengan air dan sabun.

Meski minyak goreng berjenis minyak kelapa dan zaitun masih diperbolehkan untuk dijadikan pelumas, ahli medis tetap menyarankan untuk menggunakan pelumas seks asli. Pasalnya, bahan pelumas seks asli sudah dibuat dengan sedemikian rupa agar penggunaannya tetap terasa nyaman, aman, dan tidak ada risiko yang timbul nantinya.
Namun, bila kepepet tidak ada pelumas seks yang biasa Anda beli, boleh saja pakai minyak goreng. Asalkan Anda memperhatikan jenis dan tips-tips di atas, ya!**(Sumber: KlikDokter.com)

Leave a Response