Daerah

Berkembang Hingga Ribuan Perajin, Gubernur Resmikan Monumen Merah Putih di  Leles

218views

Garut, BANDUNGPOS.ID (23/8/2022) – Ini merupkan sebuah penghargaan dari Oemprov Jawa Barat dan Kabupaten Garut terhadap warga Leles yang telah membuka usaha sejak 1967 yang hingga kini tak pernah berhenti.

Malah semakin berkembang dengan membuat Bendera Merah Putih yang dijual ke pasaran.

Penghargaan itu,berupa dibangunnya monumen Merah Putih oleh Pemkab Garut dengan berukuran cukup besar di lapangan upacara alun-alun Kecamatan Leles.

Peresmian monumen tersebut dilakukan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Senin (22/8/22) bersama Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana,dan Bupati Garut, Rudy Gunawan, termasuk Kapolres Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono.

” Saya harap para pengrajin ini tidak terfokus pada pembuatan bendera dan umbul – umbul termasuk balandongan,tetapi harus lebih inovatif.Misalnya membuat patung kecil yang membawa bambu rucing dan ada bendera merah putihnya,” kata gubernur.

Jadi, ia mempersilakan, warga mengaplikasikanrke semua jenis ‘Nu piduiteun’,”ujar dia.

Ini, menurut dia, kelebihan Garut, dibandingkan dengan daerah lain.

Di sini, menurut gubernur, ada spesialis-spesialis.

“Misalnya ada kampung Domba Garut, kampung Cukur Asgar dan kini ada pengrajin Bendera Merah Putih yang merebak satu Kecamatan” katanya.

Ia berharap potensi inimenjadi salah satu faktor membangkitkan eknomi masyarakat baik Garut maupun Jaw Barat “, ucapnya.

Sementara itu, Kapolda Jawa Barat mengatakan pihaknya siap membantu yang diperlukan oleh pengrajin ini termasuk keamanan asset mereka.

Ketua asosiasi Pengrajin Pembuat Bendera Merah Putih, Ramadhan Zaelani, mengatakan, kini para pengrajin pembuat bendera di daerah ini telah berkembang menjadi 3.500 orang yang tersebar di seluruh wilayah Leles.

Sedang pemasarannya tersebar sejak dari Sabang hingga Mauroke.(cang anwar/bp)

Leave a Response