Pendidikan

Berdaya dengan Buku

Gol A Gong,  Duta Baca Indonesia 2021-2025

75views

Oleh Gol A Gong ( Duta Baca Indonesia)

Indonesia ini luar biasa. Di setiap kota selalu ada orang-orang hebat. Mereka local genuine. Di Kota Tegal, gerakan literasi hidup dan semarak. Dr. Yusqon salah satu penggerak itu.

Sebagai doktor, dia mengambil jalan yang berbeda. Jauh dari zona nyaman. Dia pandai memanfaatkan momentum. Dia peka terhadap lingkungan.

TBM Sakila Kerti adalah pengabdiannya. Dia memberi harapan kepada wong cilik di terminal bus antar kota, tipe A, di kota Tegal. Walikota Tegal mendukungnya dengan memberikan ruangan untuk belajar bagi pedagang asongan, penjual koran, dan wong cilik lainnya.

Saya dan Dr. Yusqon sudah bekerja sejak 2010, ketika saya Ketua Umum PP Forum Taman Bacaan Masyarakat. Dia pandai membaca moment. Setiap saya melewati Tegal, Dr. Yusqon selalu menyiapkan segalanya; kegiatannya, penginapannya. Bahkan saat saya dan keluarga tour the Java, juga berkegiatan di TBM Sakila Kerti.

Termasuk Safari Literasi Pantura Duta Baca Indonesia – Perpusnas ini. Dua hari kami berkegiatan, 31 Oktober hingga 1 November. Kadis Dindik dan Kadis Perpustakaan serta Bunda Literasi Hadi merayakan pesta literasi ini di Pantai Alam Indah dan Terminal Bus antar kota Tegal. Luar biasa.

Sehat dan semangat selalu, Pak Yusqon. Hadiah Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2022 dari Perpusnas RI semakin membuatmu kreatif dan inovatif berkegiatan. ** Gol A Gong,  Duta Baca Indonesia 2021-2025

Leave a Response