Seks

Berapa Lama Durasi Hubungan Seks yang Normal?

264views

Oleh: dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

HUBUNGAN seksual menjadi suatu kebutuhan biologis bagi tiap pasangan suami istri. Maka dari itu, hubungan seksual kerap dijadikan sebagai tolok ukur kebahagiaan dalam kehidupan rumah tangga. Namun, masih banyak pasangan suami istri yang percaya akan mitos terkait keperkasaan maupun kepuasan seksual. Padahal, sebagian besar mitos tersebut biasanya dilebih-lebihkan.

Salah satu hal yang sering menjadi pertanyaan adalah waktu normal dalam berhubungan seksual. Atau secara spesifik, berapa lama seorang pria dapat melakukan hubungan seksual sebelum akhirnya ejakulasi? Mari simak penjelasan di bawah ini untuk tahu durasi hubungan seksual yang normal.

Durasi Berhubungan Intim yang Normal

Tidak sedikit orang yang menganggap, bahwa hubungan seks yang normal dan ‘sempurna’ adalah seperti dalam film panas, yang bisa memakan waktu 1 jam atau lebih. Tak heran, banyak ditemukan toko-toko yang menjual berbagai obat ‘kuat’ agar seorang pria dapat tahan lama dalam berhubungan seksual. Ironisnya, cukup banyak obat yang dijual tanpa melalui uji klinis yang memadai, sehingga tidak diketahui tingkat keamanannya bagi tubuh.

Artinya, efek samping berupa gangguan kesehatan berat hingga kematian mungkin saja terjadi akibat konsumsi obat-obatan tersebut. Lalu, berapa lama waktu berhubungan seks yang normal? Faktanya, tidak ada tolok ukur berapa lama seks harus berlangsung. Ini bisa sangat bervariasi, tergantung pada preferensi dan faktor lain, seperti apa yang dianggap seseorang sebagai seks. Ya, bukankah setiap orang mendefinisikan seks secara berbeda? Seseorang mungkin hanya menganggapnya sebagai hubungan penetrasi. Sementara yang lain mungkin menganggap seks dimulai dengan awal foreplay hingga orgasme masing-masing pasangan tercapai.

Normalnya, lamanya hubungan seksual tidaklah seperti yang Anda bayangkan. Sejumlah penelitian telah membuktikannya, dengan menghitung berapa lama waktu hubungan seksual – mulai dari penetrasi hingga ejakulasi. Penelitian di Kanada dan Amerika menyatakan, bahwa lama hubungan seksual yang ‘cukup’ adalah antara 3-7 menit, ‘diinginkan’ antara 7-13 menit, dan dianggap ‘terlalu singkat’ bila hanya memakan waktu antara 1-2 menit. Sedangkan hubungan seksual yang dianggap ‘terlalu lama’ adalah bila memakan waktu antara 10-30 menit.

Sementara itu, penelitian multinasional di Turki, Belanda, Amerika Serikat, Inggris, dan Spanyol menemukan bahwa rata-rata lama normal hubungan seksual (penetrasi hingga ejakulasi) adalah 5,4 menit. Melihat hasil penelitian terkait waktu atau durasi normal berhubungan seks, sudah jelas bahwa lamanya hubungan seksual berlangsung tidak sama seperti yang banyak orang pikirkan.

Durasi Seks Ronde Pertama Sering Kali Lebih Cepat?

Jika membahas durasi hubungan seksual, sering muncul pertanyaan seputar penyebab pria cepat ejakulasi. Khususnya saat ronde pertama hubungan seksual. Biasanya, ejakulasi dini (juga disebut ejakulasi tidak disengaja) adalah kondisi pada pria muda yang tidak berpengalaman dalam berhubungan seks. Namun, kondisi ini sifatnya sementara.

Dalam kebanyakan kasus, ejakulasi dini disebabkan oleh salah satu dari dua hal: kegembiraan yang berlebihan atau bahkan kecemasan. Menurut penelitian, banyak pria justru merasa takut bahwa apa yang mereka lakukan salah, atau khawatir pasangannya mengetahui jika mereka tidak berpengalaman. Sehingga hubungan seks sering kali terburu-buru dan tidak memuaskan pasangannya.

Karena itu, Anda tak perlu terlalu memusingkan durasi seks, ya. Tidak perlu sampai mengonsumsi obat ‘kuat’ yang tidak aman dan tidak jelas manfaatnya. Sebab, efeknya justru dapat merugikan kesehatan. Jadi, selama Anda sehat dan dalam keadaan fit, Anda tentu dapat mencapai waktu atau durasi hubungan seksual yang normal.*(Sumber: KlikDokter.com)

Leave a Response