Seks

Beberapa Hal Ini yang Jadi Perusak Hubungan Seks

245views

Oleh: dr. Sara Elise Wijono MRes

HUBUNGAN seks merupakan momen intim yang dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan kemesraan pasangan suami istri. Namun, pasangan yang sudah lama menikah kerap menjadikan momen ini sebagai rutinitas belaka, sehingga terkesan membosankan. Tidak hanya pasangan yang sudah lama menikah, pasangan baru pun dapat melakukan kesalahan seks. Sering kali, hal ini terjadi tidak sengaja atau tanpa disadari.

Namun, akibatnya bisa merusak aktivitas intim bersama pasangan tercinta. Anda tentu tidak ingin hubungan seks yang demikian, bukan? Untuk itu, waspadai beberapa hal yang merusak seks berikut ini:  

  1. Obat Antihistamin

Obat-obatan tertentu bisa menjadi biang keladi dari hubungan seks yang tidak menyenangkan. Antihistamin atau obat yang sering digunakan untuk mengatasi gatal dan alergi dapat membuat vagina menjadi kering. Meski sudah terangsang, namun jika Anda mengonsumsi obat ini, maka cairan lubrikan atau pelumas pada vagina bisa sangat berkurang.

  1. Makanan Pedas

Tahukah Anda, makanan tertentu juga bisa merusak hubungan seks Anda dengan pasangan? Ya, tak hanya memengaruhi bau vagina, makanan yang terlalu pedas juga dapat menyebabkan perut Anda penuh gas, begah, dan buang angin terus-menerus.

Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Karena itu, batasilah konsumsi makanan pedas dalam sehari.

  1. Alkohol

Banyak yang mengira bahwa alkohol dapat meningkatkan mood untuk berhubungan seks. Nyatanya tidak demikian. Alkohol bersifat depresan. Jadi jika dikonsumsi sebelum berhubungan seks, alkohol justru bisa membuat Anda sulit orgasme. Studi yang dilakukan oleh University of Missouri menyebutkan, bahwa 11 persen peminum alkohol mengalami kesulitan meraih orgasme, baik pria maupun wanita. Pria yang mengonsumsi alkohol sebelum hubungan seks akan kesulitan ejakulasi. Sedangkan wanita membutuhkan dorongan lebih untuk bisa orgasme. 

  1. Bercukur

Sebagian wanita kerap mencukur habis rambut kemaluannya agar lebih nyaman saat berhubungan seks. Jika Anda menginginkan hubungan seks yang menyenangkan, ini merupakan kesalahan yang sebaiknya dihindari. Proses mencukur dapat mengikis lapisan atas folikel rambut vagina, serta membuat area tersebut lebih sensitif dan rawan iritasi. Jika ini terjadi, timbulnya ruam dan luka terbuka pada kulit di sekitar vagina sangat sulit dihindari. Kondisi ini dapat menyebabkan Anda lebih berisiko terkena infeksi. 

  1. Menggunakan Makanan untuk Foreplay

Apakah Anda dan pasangan gemar mencoba hal-hal baru untuk membuat hubungan seks lebih berwarna? Sah-sah saja. Namun lupakan menggunakan makanan, terlebih yang mengandung gula – seperti cokelat – dalam menu foreplay Anda.

Penggunaan bahan makanan yang mengandung gula sebagai lubrikan dapat memicu terjadinya infeksi jamur. 

  1. Obat Tekanan Darah Tinggi 

Pada beberapa pria, konsumsi obat untuk hipertensi dapat merusak hubungan seks, karena bisa menyebabkan gangguan seksual. Keluhan yang dapat muncul, misalnya gangguan untuk ereksi ataupun ejakulasi. Jika Anda penderita tekanan darah tinggi dan mengalami masalah setelah konsumsi obat hipertensi, laporkan kepada dokter Anda.

  1. Penyakit Kronis

Beberapa penyakit kronis dianggap wajar terjadi, khususnya mereka yang sudah berumur. Namun, penyakit ini dapat berdampak pada turunnya hasrat berhubungan seksual atau libido. Penyakit kronis yang dimaksud, misalnya kencing manis, tekanan darah tinggi, obesitaskolesterol tinggi, dan sebagainya. Oleh karena itu, terapkanlah pola hidup sehat sejak dini

  1. Kurang Tidur

Tidur memang sangat penting bagi kesehatan. Bahkan, kondisi kurang tidur dapat merusak hubungan seks Anda! Penelitian menemukan, pria yang dikurangi jam tidurnya hingga lima jam per malam mengalami penurunan kadar hormon testosteron sebanyak 10-15 persen. Padahal, hormon reproduksi ini penting untuk libido yang sehat.

  1. Stres

Agar dapat berhubungan intim dengan memuaskan, kondisi mental Anda dan pasangan harus sama-sama baik. Stres ditemukan dapat menjadi perusak seks secara langsung, baik pada pria maupun wanita. Jadi, cobalah teknik manajemen stres untuk mengelola stres Anda, seperti melakukan latihan pernapasan dalam, meditasi, makan lebih sehat, dan sebagainya.

  1. Olahraga yang Kurang Pas 

Tidak pernah bergerak aktif atau kurang berolahraga dapat menjadi perusak hubungan intim Anda. Hal ini meningkatkan risiko kemunculan berbagai macam penyakit yang bisa mengganggu kehidupan seksual. Olahraga yang terlalu ekstrem pun dapat memengaruhi hubungan intim Anda dan pasangan, karena bisa berdampak pada hasrat seksual. Karena itu, lakukan olahraga sewajarnya demi hubungan seksual yang sehat dan menyenangkan.

  1. Kurang Percaya Diri

Kurang pede dengan diri Anda sendiri merupakan salah satu kesalahan yang harus dihindari agar hubungan seks Anda tetap menyenangkan. Saat tidak pede, khususnya dengan badan sendiri, Anda dapat mengalami kecemasan akan performa seksual, pengurangan hasrat seksual, bahkan menghindari melakukan hubungan intim.

  1. Merokok

Kebiasaan merokok dapat mengganggu produksi testosteron, hingga libido Anda menurun. Dapat pula berdampak pada performa seksual, seperti impotensi. Tidak berhenti di sini, merokok pun dapat merusak sperma sehingga menyebabkan gangguan kesuburan.

  1. Salah Posisi

Posisi seksual yang tidak nyaman merupakan penyebab hubungan intim menjadi tidak nikmat. Jangan jadikan ini kesalahan seksual Anda. Cobalah eksplor posisi lain yang lebih menyenangkan untuk Anda dan pasangan.

Sekarang Anda sudah tahu, ‘kan, apa saja yang harus dihindari agar hubungan seks lebih menyenangkan? Jadi, jauhilah hal-hal yang merusak seks seperti yang diuraikan di atas!*(Sumber: KlikDokter.com)

Leave a Response