Luar Negeri

Bali and Beyond Ramaikan Pameran Wisata di Namibia

298views

WINDOEK, NAMIBIA, BANDUNGPOS.ID – Mengusung tema Bali and Beyond, KBRI Windhoek berpartisipasi di ajang Namibia Tourism Expo (NTE), pada 3-5 November 2022. Skala pameran NTE yang besar dan diikuti oleh pelaku industri wisata dari Afrika Selatan, Bostwana, dan Zimbabwe, merupakan peluang baik untuk promosikan
wisata Indonesia ke Namibia, sehingga selalu diikuti KBRI.

“Acara NTE adalah agenda tahunan promosi wisata yang selalu diikuti oleh KBRI Windhoek karena acara ini diikuti oleh pelaku wisata terkemuka baik di Namibia maupun dari negara tetangga, seperti Afrika Selatan, Bostwana, dan Zimbabwe,” kata Ari Hadiman Koordinator Fungsi.

Penerangan, Sosial dan Budaya.
Sesuai dengan tema Bali and Beyond, stan pameran KBRI Windhoek menampilkan foto dan video obyek wisata Bali dan destinasi unggulan lainnya, seperti, Bromo, Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, hingga Kepulauan Morotai.

KBRI juga memutar video yang menampilkan promosi kuliner khas Indonesia. Tidak hanya itu, KBRI memajang salah satu alat musik gamelan, yaitu gender, yang dimainkan ketika pengunjung mendatangi stan KBRI. Stan KBRI yang atraktif dikunjungi oleh tamu kehormatan, Wakil Menteri Lingkungan, Kehutanan,dan Pariwisata Namibia, Heather Sibungo. Duta Besar RI, Bapak Wisnu Edi Pratignyo, menyambut kunjungan tersebut dan menyerahkan bingkisan suvenir khas Indonesia dan brosur
pariwisata Indonesia.

Guna membuka pasar Namibia sebagai sumber baru wisatawan asing ke Indonesia, KBRI membagikan materi informasi paket wisata yang disiapkan 4 agen perjalanan Indonesia, yaitu KBA Tours, Bhara Tours, Bagus Discovery, dan Wita Tours ke pelaku wisata Namibia yang mengikuti pameran NTE. Selain itu, travel biro ternama di Namibia yaitu Rennies Travel dan Trip Travel juga menyebarkan paket wisata ke Bali kepada pengunjung NTE.

Selain itu, KBRInmenyebarkan informasi mengenai peraturan terbaru mengenai visa kunjungan ke Indonesia bagi
warga negara Namibia yang disambut sangat baik oleh para pengunjung stan KBRI.

Pada pameran NTE ini, para pengunjung tidak hanya antusias mengenali produk wisata Indonesia tetapi juga antusias dengan produk UMKM Indonesia binaan Bank Indonesia (BI), yang dipajang oleh KBRI.

“Memanfaatkan potensi pengunjung pameran yang datang dari berbagai lapisan masyarakat dan upaya mendukung UMKM mengakses pasar di luar negeri, KBRI Windhoek menggaet BI untuk promosikan produk UMKM binaannya di pameran NTE,” kata Ari.

Produk UMKM yang ditampilkan beragam, antara lain, yaitu aneka makanan ringan seperti keripik
kulit ikan telur asin, tepung tapioca, makanan ringan gluten free, mie instan, permen, aneka
sambal, bumbu masak, dan kosmetik. Warga Namibia sangat tertarik dengan beragam rasa mie
instan dan makanan ringan yang ditampilkan di stan KBRI.

“Pameran di NTE diharapkan membuka peluang pasar baru bagi UMKM Indonesia karena
banyak pengunjung menyampaikan harapan produk-produk tersebut dapat hadir di pasaran
Namibia yang saat ini variasi produknya terbatas.” pungkas Ari.

Dalam gelaran NTE 2022 kali ini, stan KBRI berhasil meraih penghargaan Silver Award dari
panitia NTE. Pihak penyelenggara NTE, yaitu Namibia Media Holding (NMH) menyerahkan
piagam penghargaan yang diterima langsung oleh Dubes RI. NMH menyampaikan apresiasi atas
partisipasi Indonesia secara konsisten setiap tahun pada NTE di Windhoek.

NTE merupakan ajang pameran wisata terbesar di Namibia, yang kembali digelar setelah absen
2 tahun karena pandemi. Pameran tidak hanya diikuti pelaku wisata di Namibia, tetapi juga pelaku
wisata dari Afrika Selatan, Bostwana, dan Zimbabwe.(ask/bp)

Leave a Response