Pendidikan

Asva Ber-IPK 4.00 Cium Tangan Rektor UGM Saat  Diwisuda

231views

YOGYAKARTA, BANDUNGPOS.ID:  Seperti untuk wisudawan lainnya, Prof. Ova Emilia mengalungkan samir kepada putri sulungnya yang akrab disapa Asva ini. Tak hanya dikalungi samir, pada momen spesial itu, Asva juga mencium tangan Prof. Ova Emilia yang juga ibunda tercintanya. Prof. Ova menerangkan, momen mewisuda putrinya sendiri adalah kebetulan yang menyenangkan.

“Itu kan kebetulan yang menyenangkan. Jadi kebetulan anak saya mendapat nilai baik ya, jadi IPK-nya 4,” urai Prof. Ova, kepada pers.

Dikutip dari laman resmi UGM, He Yeon Asva Nafaisa merupakan wisudawan dari Program Studi Dermatologi dan Venereologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan yang lulus dengan IPK 4,00 sekaligus berpredikat Pujian. Prof. Ova mengaku, putrinya kebetulan mendapatkan kesempatan untuk menjadi wakil wisudawan. Selain itu, Asva juga mendapat kesempatan menjadi wakil wisudawan terbaik.

Selama mengemban tugas sebagai Rektor UGM, Prof. Ova Emilia  sudah beberapa kali mewisuda mahasiswa. Namun, baru kali ini dia merasakan hal yang berbeda. “Ya, yang jelas bahagia ya, terharu. Ya nano nano-lah. Ya bahagia, ya terharu, ya bangga. Dan saya kira itu bukti kemandirian anak,” ucapnya. Prof. Ova mengungkapkan, putrinya meraih dua gelar sekaligus selama mengenyam pendidikan di UGM, yakni spesialis dermatologi dan venereologi atau spesialis kulit dan kelamin.

Selain itu, juga gelar S2 Kedokteran Klinik. Asva mengambil program combined degree sehingga bisa menyelesaikan S2 juga dapat spesialis. “Spesialisnya kulit dan kelamin. Dermatologi dan Venerologi. S2 kedokteran klinik. Itu untuk menunjang spesialisnya S2-nya itu,” papar Prof. Ova. Nilai-nilai yang diajarkan Rektor UGM kepada anak-anaknya Dalam kesempatan itu, prof. Ova juga membagikan pengalaman dalam membesarkan anak-anaknya. Menurutnya, setiap anak masing-masing mempunyai kekhususan dan keinginan sendiri sehingga tak bisa disamakan. Kebetulan dia anak yang sangat rajin dari awal dan senang belajar gitu ya. Dan sangat mandiri.  Saya tidak pernah  mengejar-ngejar  atau saya les-in enggak juga. Dia sangat mandiri dan senang hal-hal baru, tutur Prof. Ova. Selain itu, putri sulungnya senang dengan penelitian. Ke depan, putrinya tersebut berkeinginan menjadi dosen bidang kedokteran. Selama ini Prof. Ova Emilia memberikan kebebasan kepada empat anaknya untuk memilih profesi yang diinginkan, termasuk putri sulungnya He Yeon Asva Nafaisa. **( rm/bp)

Leave a Response