Nasional

Aceh Utara Banjir, Sawah Ratusan Ha  Terancam Gagal Panen

165views

Aceh Utara, BANDUNGPOS.ID – Banjir terjadi pascahujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Utara pada,Selasa (4/10).

Tinggi muka air dalam peristiwa itu hingga 60 sentimeter.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara melaporkan kepada Pusdalops BNPB sedikitnya ada 13 gampong di 2 kecamatan yang terdampak banjir.

Adapun rinciannya Gampong Beuracan Rata di Kecamatan Pirak Timu dan Gampong Pente Pirak, Gampong Siren, Leubok Pirak, Meunye Pirak, Tanjong Haju Muda, Gampong Beuringen Pirak, Ceubrek Pirak, Lawang Pirak, Gampong Alue Tho, Gampong Hagu, Punti Matangkuli, serta Gampong Tumpok Barat.

Hasil asesmen sementara, banjir telah merendam 580 unit rumah yang ditinggali 1.812 jiwa.

Selain itu kurang lebih 230 hektar lahan persawahan terendam sehingga terancam gagal dipanen.

Hujan ringan dan sedang yang dapat disertai petir masih berpotensi terjadi di wilayah Aceh Utara hingga Jumat (7/10).

Menurut informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

BNPB mengimbau kepada masyarakat dan pemangku kebijakan di daerah setempat agar tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi bencana yang dapat dipicu oleh faktor cuaca.

Upaya seperti monitoring lereng perbukitan, susur sungai dan pembersihan aliran sungai serta kanal dan irigasi agar dilakukan secara berkala untuk memininalisir potensi bencana susulan.

Jika terjadi hujan dalam durasi lebih dari satu jam, maka masyarakat yang tinggal di bantaran sungai atau di lereng gunung maupun tebing agar mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Pastikan memperoleh perkembangan informasi terkait peringatan dini cuaca dari BMKG dan informasi mengenai penanggulangan bencana dari BNPB, BPBD, TNI, Polri dan lintas instansi lainnya.(akn/bp)

Leave a Response