Gaya Hidup

7 Perawatan Wajah Usia 30 yang Perlu Anda Ketahui

345views

SAAT memasuki usia 30-an, kondisi kulit akan cenderung lebih kering, sensitif, dan menipis, sehingga Anda lebih rentan mengalami beberapa masalah kulit, seperti munculnya kerutan halus dan flek hitam. Untuk menjaga keremajaan kulit, Anda perlu melakukan perawatan wajah usia 30 dengan benar.

Munculnya tanda-tanda penuaan di kulit, seperti kerutan halus, seiring bertambahnya usia adalah hal yang wajar. Kendati demikian, pilihan perawatan wajah yang tidak benar dapat menyebabkan kulit Anda menua sebelum waktunya. Oleh sebab itu, perawatan wajah usia 30 perlu dilakukan secara tepat.

Melakukan Perawatan Wajah Usia 30

Untuk mendapatkan kulit yang sehat di usia 30-an, Anda perlu melakukan perawatan wajah usia 30, seperti:

  1. Bersihkan wajah

Membersihkan wajah secara rutin merupakan salah satu bagian dari perawatan wajah usia 30 yang perlu Anda lakukan. Saat mencuci muka, pilihlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda, ya. Namun, ingat. Anda tidak disarankan untuk membersihkan wajah secara berlebihan, karena hal ini justru bisa membuat kulit wajah menjadi kering. Jadi, Anda cukup membersihkan wajah 2 kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari, atau setelah berkeringat.

  1. Gunakan pelembap

Seiring bertambahnya usia, minyak alami pada kulit (sebum) juga akan berkurang. Hal ini bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering, sehingga garis-garis halus lebih mudah timbul. Oleh sebab itu, menggunakan pelembab secara rutin juga perlu Anda jadikan bagian dari perawatan wajah usia 30. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi kerutan dan membuat kulit Anda tampak lebih halus.

  1. Gunakan tabir surya

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan pecahnya kolagen dan kerusakan jaringan kulit, sehingga memungkinkan timbulnya bercak hitam dan keriput pada kulit. Untuk mencegah hal tersebut, Anda perlu menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap pagi ke seluruh wajah dan leher. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menggunakannya kembali tiap 2 jam sekali.

  1. Gunakan krim mata

Kulit di sekitar mata adalah bagian pertama yang menunjukkan tanda-tanda penuaan, karena kulit ini cenderung lebih kering dan tipis dibandingkan kulit pada bagian lain. Jika selama ini Anda belum menggunakan krim mata, mulai sekarang gunakanlah produk tersebut. Anda bisa memilih krim mata yang mengandung vitamin C, vitamin E, minyak mineral, atau peptida yang dapat mengencangkan kulit dan menghilangkan kerutan.

  1. Gunakan produk antiaging

Untuk membantu meremajakan kulit di usia 30 tahun-an, Anda juga perlu menggunakan produk seperti serum dan krim wajah anti-aging. Pilihlah produk perawatan wajah yang mengandung retinol, yakni senyawa aktif turunan vitamin A yang baik untuk mencegah penuaan dini. Pasalnya, senyawa ini bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen, meremajakan kulit, dan membuat kulit tampak lebih bercahaya.

Namun, ada beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh retinol, seperti kulit sensitif, kering, dan kemerahan. Nah, guna menghindarinya, Anda perlu membatasi aktivitas di bawah paparan sinar matahari. Penting untuk diingat, retinol tidak dianjurkan untuk digunakan oleh wanita hamil atau yang sedang menjalani program hamil, ya. Ini karena zat tersebut bisa berisiko membahayakan kesehatan janin.

  1. Lakukan eksfoliasi kulit

Seiring bertambahnya usia, regenerasi sel-sel kulit juga akan melambat, sehingga menyebabkan kulit bisa terlihat lebih kusam. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan eksfoliasi kulit. Eksfoliasi kulit adalah proses pengangkatan sel kulit mati yang bisa dilakukan dengan metode fisik maupun zat kimia. Ini bermanfaat untuk menyamarkan noda hitam, membuat wajah tampak lebih cerah, dan memicu pembentukan lapisan kulit baru.

Eksfoliasi fisik dapat Anda lakukan dengan menggosok kulit secara perlahan menggunakan scrub, kain lap, atau spons lembut. Sementara itu, eksfoliasi kimia dapat dilakukan dengan menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung senyawa alpha hydroxy acids (AHA), beta hydroxy acids (BHA), dan retinoid.

  1. Rutin minum air putih

Selain melakukan perawatan kulit dari luar, jangan lupa juga untuk merawat kulit dari dalam. Salah satu caranya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan, agar kulit tampak lebih sehat dan lembap. Untuk memenuhi kebutuhan cairan, Anda bisa minum setidaknya 2 liter air atau 8 gelas per hari.

Selain beberapa perawatan di atas, guna menjaga keremajaan kulit, Anda juga dianjurkan untuk beristirahat dengan cukup, berhenti merokok, rutin berolahraga, menjaga pola makan bergizi seimbang, serta mengelola stres dengan baik.

Di samping itu, Anda juga perlu melakukan check up berkala dan berkonsultasi dengan dpkter mengenai perawatan wajah usia 30. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.***(Referensi tulisan: dr. Kevin Adrian/Sumber: Alodokter.com/Foto: Istimewa)

Leave a Response