Kesehatan Wanita

7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Hamil

202views

SAAT sedang mengandung calon buah hatidikonsumsi juga, Bunda harus teliti memilih makanan yang akan dikonsumsi. Tak hanya enak, makanan yang  harus bergizi. Banyak nutrisi yang dibutuhkan Bunda ketika hamil seperti protein, vitamin dan mineral, karbohidrat kompleks, dan lain sebagainya. Dilansir dari Health Line, berikut beberapa makanan bergizi yang baik dikonsumsi saat hamil. 

  1. Produk Susu

Untuk mendukung tumbuh kembang bayi, Bunda perlu mengonsumsi ekstra protein dan kalsium. Salah satu yang bisa jadi pilihan adalah yogurt, susu, dan keju. Susu adalah sumber kalsium terbaik yang mengandung fosfor, vitamin B, dan magnesium dalam jumlah tinggi. Yogurt adalah salah satu produk susu yang mengandung kalsium lebih tinggi daripada produk susu lainnya. 

  1. Ikan Salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3 esensial yang memiliki banyak manfaat salah satunya membantu membangun otak dan mata bayi. Mungkin Bunda pernah dianjurkan untuk mengurangi mengonsumsi makanan laut karena tinggi merkuri, namun Bunda tetap bisa makan ikan berlemak seperti salmon.

  1. Telur

Telur adalah makanan bergizi yang memiliki hampir semua nutrisi yang Bunda butuhkan seperti protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Telur penting dikonsumsi untuk perkembangan otak bayi dan membantu mencegah kelainan perkembangan tulang belakang.

  1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang tinggi serat, kaya vitamin B, vitamin K, kalium, vitamin E, dan vitamin C. Selain itu karena kandungan lemak sehat, folat, dan potasium yang tinggi, alpukat adalah buah yang tepat dikonsumsi selama kehamilan. Kalium pada alpukat dapat membantu meredakan kram kaki sebagai efek samping kehamilan bagi beberapa perempuan.

  1. Brokoli dan Sayuran Hijau Gelap

Brokoli dan sayuran berwarna hijau gelap seperti kangkung dan bayam mengandung banyak nutrisi yang diperlukan selama masa kehamilan. Bila Bunda tidak begitu menyukai sayuran, Bunda bisa mengolahnya menjadi bahan campuran masakan lain. Menambahkan porsi sayuran adalah cara efisien untuk mendapat vitamin dan menangkis sembelit dengan bantuan serat yang terkandung di dalamnya. Sayuran juga dapat menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

  1. Daging dan Protein Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak dan daging ayam adalah sumber protein berkualitas yang baik untuk ibu hamil. Daging sapi mengandung zat besi yang tinggi karena besi adalah mineral penting bagi sel darah merah. Saat hamil Bunda akan membutuhkan lebih banyak zat besi karena volume darah akan meningkat, terutama pada trimester ketiga.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang bisa mom konsumsi seperti buncis, kacang kedelai, kacang tanah, dan kacang polong. Folat yang terkandung dalam kacang tanah penting untuk tumbuh kembang bayi pada masa trimester pertama.

Selama masa kehamilan, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi demi perkembangan calon buah hati ya, Bunda.* (Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S./Fimela.com)

Leave a Response