Keluarga

7 Hal yang Bisa Dilakukan Ibu Saat Anak Tidur

231views

SEBAGAI ibu yang mempunyai anak, waktu tidur siang anak adalah saat yang paling ditunggu-tunggu. Banyak yang menyarankan ibu untuk ikut tidur agar bisa beristirahat. Padahal, saat anak tidur banyak hal yang bisa dilakukan, lho. Ibu bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah hingga sekadar bersantai minum teh. Berikut ini adalah di antara kegiatan yang bisa ibu lakukan.

1.Menyelesaikan Pekerjaan

Seharian menemani anak, terkadang pekerjaan rumah, seperti menyapu, mengepel, mencuci piring, dan mencuci baju belum selesai. Tidak hanya pekerjaan rumah, ada juga yang masih menyelesaikan skripsi. Jika ikut tidur, saat anak bangun nanti bisa jadi pekerjaan tidak sempat diselesaikan. Jadi, waktu anak tidur adalah saat yang pas untuk menyelesaikan pekerjaan.

2.Nonton Film/Series Favorit

Ini yang paling sering dilakukan saat anak sedang tidur. Baik saat anak tidur malam atau tidur siang, Bunda biasanya akan mencuri-curi waktu untuk bisa menonton film dan series televisi. Sambil menunggu sampai anak bangun, Bunda bisa menonton satu film atau satu episode series telivisi.

3. Berlama-lama di Kamar Mandi

Memiliki anak yang masih kecil, apalagi bayi yang baru lahir membuat susah melepas anak, meskipun sebentar saja. Waktu untuk diri sendiri semakin berkurang, bahkan untuk mandi saja harus cepat. Bunda baru bisa berlama-lama di kamar mandi saat anak sedang tidur. Bisa dengan mandi air hangat, berendam, atau melakukan perawatan tubuh.

4. Berbelanja Online

Banyak pertimbangan mengapa banyak yang lebih suka berbelanja online. Selain karena menghemat waktu dan tenaga, biasanya banyak voucher atau discount yang ditawarkan. Memilih-milih barang dan mempertimbangkannya sebelum membeli membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Agar bisa berbelanja online dengan tenang dan tanpa takut diganggu anak, lakukan saat anak sedang tidur.

5.Membuka Media Sosial

Dulu, sebelum ada anak bermain media sosial bisa dilakukan sampai berjam-jam. Sekarang, saat sudah punya anak rasanya akan susah untuk lama-lama bermain hp. Selain perhatian pada anak menjadi terpecah, kemungkinan anak bisa bergantung pada gadget juga jika melihat ibunya bermain hp terus-terusan. Waktu yang paling aman untuk scrolling sosmed adalah ketika anak sedang tidur.

6.Menghabiskan Waktu dengan Suami

Saat sudah memiliki anak, frekuensi menghabiskan waktu berdua dengan suami sudah berkurang. Rasanya tidak enak jika harus terus menitipkan anak kepada orangtua atau  mertua. Nah, saat anak sedang tidur, inilah kesempatan untuk menghabiskan waktu berdua dengan suami. Bisa mengobrol sambil minum teh atau masak lalu makan malam berdua.

7.Menghabiskan Waktu dengan Diri Sendiri

Terakhir, hal yang sudah jarang dilakukan saat sudah menjadi ibu, yaitu me time. Kesibukan mengasuh anak membuat ibu tidak lagi bisa menghabiskan banyak waktu dengan diri sendiri. Satu-satunya kesempatan untuk me time adalah saat anak sedang tidur. Cara me time setiap orang berbeda. Bunda bisa memasak mi instan dan memakannya saat masih hangat atau membuat kopi dan meminumnya sebelum dingin. Bisa juga tidak melakukan apa-apa sembari berpikir besok mau masak apa.

Nah, semua aktivitas di atas bisa dilakukan dengan tenang saat anak sedang tidur tanpa takut diganggu. Bagaimana? Masih berpikir untuk ikut tidur saat anak sedang terlelap tidur?***(Penulis:  Aulia Oktafia/Fimela.com)

Leave a Response