Kecantikan

5 Step Perawatan Rambut, Nggak Cuma Keramas Saja

171views

RAMBUT rusak selalu membuat banyak perempuan merasa nggak nyaman dan kurang percaya diri. Penyebabnya pun bervariasi, seperti terlalu sering menggunakan hair dryer atau pengering rambut, kebiasaan mewarnai rambut, dan memakai produk perawatan yang tidak sesuai dengan jenis rambutnya. Banyak perempuan mengatasi rambut rusak hanya dengan keramas dan shampoo saja, tanpa melakukan perawatan rambut lainnya. Tapi, tau gak sih kalo perawatan rambut tuh, gak cuman keramas saja lho!

Perawatan bisa dilakukan dari dalam dengan mengonsumsi jenis makanan yang dapat menutrisi rambut lebih baik seperti ikan salmon, sayur mayur, dan telur. Selain itu, perawatan rambut juga bisa dilakukan dari luar untuk menambah nutrisi bagi rambut, sehingga bisa lebih sehat dan bersih. Ini lima rahasia perawatan rambut sehat yang bisa Anda ikuti.

  1. Conditioner

Keramas dengan conditioner hal yang diperlukan dalam rutinitas keramas. Penggunaan conditioner yang sesuai dengan jenis rambut dapat mengurangi rambut rusak dan bercabang. Cara menggunakan conditioner ini dengan mengaplikasikannya setelah keramas, sehingga produk ini dapat membantu meningkatkan kelembutan dan volume rambut. Selain itu, hindarilah penggunaan conditioner ini di area kulit kepala, karena dapat membuat rambut kamu jadi mudah lepek dan berketombe yang akhirnya membuat merasa tidak nyaman.

  1. Hair Mask

Foto Shutterstock

Seperti halnya wajah yang membutuhkan sheet mask, rambut juga perlu dirawat dengan hair mask. Seiring dengan aktivitas sehari-hari yang kembali normal, beraktivitas di luar akan membuat rambut gampang terkena debu dan terpapar sinar matahari yang membuatnya jadi kering dan rontok. Hair mask memiliki banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan seperti menyehatkan kulit rambut, menjadikan rambut lebih lembut dan berkilau, dan membuat rambut jadi lebih subur. Produk hair mask juga banyak macamnya mulai dari brand lokal, luar negeri, atau bahkan bisa menggunakan dari bahan alami seperti alpukat, lidah buaya, dan buah-buahan lainnya.

  1. Hair Tonic

Foto Shutterstock

Salah satu poin penting setelah keramas adalah penggunaan hair tonic dalam kondisi rambut setengah kering. Produk perawatan yang satu ini memiliki tekstur mirip cairan yang diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala. Ada banyak manfaat jika digunakan secara rutin karena dapat mengatasi berbagai masalah rambut. Misalnya saja khusus rambut berketombe, formulanya dapat meredakan gatal di kulit kepala, rasa tidak nyaman, atau kulit kepala kering.

Varian produk hair tonic yang cukup banyak dicari adalah untuk rambut rontok. Kandungannya bertujuan mengurangi penipisan rambut, kebotakan, dan kerontokan. Namun, perhatikan juga penggunaan hair tonic, karena jika berlebihan dapat menyebabkan rambut mudah lepek dan berketombe.

  1. Hair Mist

Foto Shutterstock

Pemerintah Indonesia sudah melonggarkan PPKM sehingga, aktivitas sehari-hari sudah kembali normal seperti sekolah, kuliah, dan bekerja. Beberapa orang selalu mengeluhkan kondisi rambut karena beraktivitas di luar ruangan, yang selalu membuat rambut kita sering terpapar sinar matahari dan polusi sehingga menyebabkan bau kurang sedap. Hal ini bisa diatasi dengan penggunaan hair mist, yang bertujuan untuk memberikan kesegaran dan keharuman pada rambut. Tidak hanya itu, hair mist juga memiliki kandungan nutrisi yang dapat membuat rambut Anda jadi lebih lembut.

  1. Hair Vitamin

Untuk membuat rambut Anda menjadi sehat dan terawat dalam jangka waktu panjang, Anda bisa mengikuti langkah terakhir dari 5 rahasia merawat rambut, yaitu dengan menggunakan vitamin rambut. Cara mengaplikasikan vitamin rambut ini dengan mengoleskan secara langsung ke batang rambut. Bahkan, vitamin rambut memiliki berbagai fungsi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari vitamin rambut yang berfungsi mengatasi rambut rontok, melembutkan rambut, hingga mampu mengatasi rambut lepek dan bau.

Selain melakukan 5 step perawatan rambut diatas, hal yang penting adalah Anda harus mengkonsumsi buah-buahan, sayuran serta zat protein yang terdapat pada telur, ikan, ayam, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Jangan sepelekan kondisi rambut yang kusut dan rontok, sebab itu tanda awal kerusakan rambut. Lakukanlah perawatan rambut yang tepat dan mulailah gaya hidup yang sehat.***(Penulis: Ayra Sekar Putri/Fimela.com)

Leave a Response