Kesehatan

5 Manfaat Telur Ikan untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

187views

DI balik ukurannya yang kecil-kecil, ada banyak manfaat telur ikan yang sayang untuk Anda lewatkan. Beragam kandungan nutrisi penting di dalamnya menjadikan telur ikan sangat baik untuk Anda konsumsi.

Tak kalah dari dagingnya, telur ikan juga menyimpan segudang manfaat penting untuk kesehatan tubuh. Biasanya, telur ikan sering kita temui pada hidangan sushi sebagai penambah daya tarik hidangan. Selain itu, telur ikan juga umum diolah menjadi beragam hidangan lezat ala masakan Indonesia, seperti gulai telur ikan, telur ikan goreng, atau pepes telur ikan.

Kandungan Nutrisi Telur Ikan

Kandungan nutrisi dalam telur ikan berbeda-beda, tergantung pada jenis ikannya. Telur ikan yang biasa dikonsumsi antara lain telur ikan salmon, herringcapelin, atau gurame. Rata-rata, dalam 1 sendok makan (15–30 gram) telur ikan terkandung sekitar 40 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • Kurang dari 1 gram karbohidrat
  • 2–3 gram lemak
  • 4–6 gram protein
  • Lebih dari 100% kebutuhan harian vitamin B12
  • 80 miligram kolin atau 20% dari kebutuhan harian
  • 50 miligram magnesium atau 15% dari kebutuhan harian
  • 10 mikrogram selenium atau 20% dari kebutuhan harian

Telur ikan juga kaya akan nutrisi penting lainnya, seperti asam lemak omega-3 dan asam amino. Bahkan, mengonsumsi telur ikan diketahui hampir sama seperti mengonsumsi suplemen minyak ikan yang berkhasiat tinggi.

Manfaat Telur Ikan untuk Kesehatan

Melihat kandungan nutrisinya yang melimpah, tak heran jika telur ikan menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat telur ikan yang perlu diketahui:

  1. Meningkatkan kesehatan otak

Salah satu manfaat telur ikan yang sayang untuk Anda lewatkan adalah meningkatkan kesehatan otak dan saraf. Manfaat ini diperoleh dari kandungan asam lemak omega-3, yakni EPA, DHA, dan DPA, yang melimpah di dalam telur ikan. Selain itu, asam lemak omega-3 juga diketahui dapat mendukung perkembangan dan pembentukan otak anak, meredakan gejala depresi dan kecemasan pada orang dewasa, serta memperlambat proses penuaan dan penurunan fungsi kognitif pada orang lanjut usia.

  1. Meningkatkan kesehatan mata

Tak hanya meningkatkan kesehatan otak, asam lemak DHA dan EPA juga penting untuk perkembangan fungsi penglihatan pada bayi, dan meningkatkan fungsi retina pada anak-anak dan orang dewasa. Terlebih lagi, mendapatkan asupan asam lemak omega-3 yang cukup juga menurunkan risiko Anda terkena berbagai penyakit mata, seperti retinopati diabetik, sindrom mata kering, dan degenerasi makula.

  1. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Telur ikan merupakan sumber selenium yang baik. Mineral yang satu ini berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas berlebih. Kerusakan ini bisa terjadi di mana saja, termasuk organ dan sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh, sehingga mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Selain itu, selenium juga berperan penting dalam meningkatkan fungsi kelenjar tiroid dan menjaga kesehatan mental.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Telur ikan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan asam lemak omega-3 pada telur ikan diketahui memiliki peran besar dalam mengurangi proses pembekuan darah, melebarkan pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Manfaat-manfaat ini dapat mengurangi risiko terjadinya hipertensi dan aterosklerosis yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Namun, tak hanya itu. Manfaat ini juga berguna untuk meningkatkan kesehatan orang yang sudah memiliki penyakit jantung.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi telur ikan dan makanan lainnya yang tinggi protein dapat membantu mempercepat prosesnya. Seperti yang sudah disebutkan di awal, kalori telur ikan relatif rendah, sehingga mengonsumsinya dengan rutin tidak akan menambah berat badan Anda secara signifikan. Telur ikan juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang hampir setara dengan 1 telur berukuran besar. Kandungan protein ini dapat membuat Anda tetap kenyang, sehingga nafsu makan pun berkurang. Dengan begitu, berat badan Anda akan lebih terkontrol.

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, telur ikan mengandung kolesterol dan natrium yang cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsinya. Bagi penderita asam urat, kandungan purin yang tinggi di dalam telur ikan bisa menyebabkan kambuhnya gejala asam urat. Selain itu, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap ikan dan kerang juga sebaiknya menghindari konsumsi telur ikan. Kandungan vitellogenin di dalamnya berpotensi menyebabkan reaksi alergi, seperti ruam, gatal-gatal, penyempitan saluran udara, dan tekanan darah rendah.

Agar manfaat telur ikan tidak hilang, usahakan untuk selalu mengolahnya dengan baik. Metode mengkukus akan lebih baik daripada menggulai atau menggorengnya. Bila perlu, konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat dalam memanfaatkan telur ikan sebagai menu makanan sehari-hari. (Tulisan rekomendasi: dr. Meva Nareza/Sumber: Alodokter.com/Foto: Istimewa)

Leave a Response