Kesehatan

5 Manfaat Kesehatan Jengkol, Cegah Osteoporosis hingga Remajakan Kulit

275views

Oleh: Febi Anindya Kirana

JENGKOL mungkin menjadi salah satu bahan makanan yang digemari banyak orang. Meskipun memiliki bau yang kurang sedap, tapi jengkol memiliki citarasa yang bikin nagih ketika sudah diolah menjadi berbagai menu masakan. Tidak hanya enak disantap, ternyata jengkol memiliki banyak sekali manfaat kesehatan untuk tubuh. Ini beberapa manfaat sehat makan jengkol yang perlu kita ketahui.

1. Menurunkan tekanan darah

Kandungan kalium di dalam jengkol sangat tinggi, diketahui dalam 100 gram jengkol terdapat 241 miligram kalium. Zat ini dapat membantu meregangkan dinding pembuluh darah sehingg lebih lebar dan melancarkan peredarannya. Ketika aliran darah lancar, maka tekanan darah juga akan menurun. Kalium juga dapat memelihara fungsi saraf, mencegah kram otot dan bahkan mencegah baju ginjal karena mampu membantu pembuangan kelebihan garam di dalam tubuh.

2. Mengatasi radikal bebas

Jengkol memiliki banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh terutama dalam menangkal radikal bebas. Jengkol kaya akan vitamin A, vitamin B (B1 dan B2), vitamin C, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin, dan saponin. Vitamin A dan Vitamin C, secara khusus berperan sebagai antioksidan kuat yang mampu mengatasi oksidasi di dalam tubuh penyebab penuaan, inflamasi dan pemicu berbagai penyakit.

3. Mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium, kalium dan fosfor pada jengkol yang dapat mencegah keropos tulang, sekaligus membantu memperkuat kepadatan tulang dan gigi. Kalsium dan fosfor merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tulang terutama untuk orang-orang lanjut usia yang rentan mengalami keropos tulang atau osteoporosis. Konsumsi dengan jumlah yang cukup, dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor pada orang dewasa. Kandungan kalium yang tinggi pada jengkol juga membantu mencegah pembuangan kalsium melalui urin.

4. Melancarkan buang air besar

Karena jengkol memiliki kandungan serat yang tinggi, secara alami jengkol juga mampu membantu melancarkan pencernaan terutama memudahkan buang air besar. Penderita sembelit juga bisa menggunakan pengobatan alami dengan mengonsumsi jengkol untuk membantu melancarkan buang air besar. Karena dapat memberikan efek detoks pada pencernaan, secara perlahan jengkol juga dapat membuat perut langsing atau mengurangi penyebab perut buncit.

5. Menjaga kesehatan kulit

Jengkol mampu memberikan asupan vitamin C untuk meningkatkan kualitas kesehatan kulit. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Diketahui, dalam 100 gram jengkol terdapat 31 miligram vitamin C. Konsumsi vitamin C rutin dapat meremajakan kulit dari dalam seperti membantu menjaga elastisitas dan mencegah timbulnya kerutan halus.

Itu dia beberapa manfaat kesehatan jengkol istimewa, jadi bukan hanya enak dimakan tapi juga baik untuk tubuh.**(Sumber: Fimela.com)

 

Leave a Response