Kesehatan

5 Cara Menghilangkan Pegal di Tangan yang Efektif

42views

PEGAL, atau dalam bahasa medisnya disebut myalgia, adalah istilah untuk menggambarkan sensasi kekakuan, ketidaknyamanan, atau nyeri pada otot tubuh. Sensasi ini dapat muncul dibagian tubuh mana pun, termasuk tangan. Munculnya pegal di tangan tentu dapat menghambat produktivitas dan kenyamanan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, cara menghilangkan pegal di tangan penting untuk diketahui agar keluhan ini cepat teratasi.

Cara Menghilangkan Pegal di Tangan

Pegal di tangan sering kali disebabkan oleh penggunaan otot atau aktivitas fisik secara berlebihan dalam waktu yang lama, misalnya seperti mengetik, menggunakan mouse, atau mengangkat beban. Kurangnya istirahat juga bisa menyebabkan kelelahan otot yang akhirnya membuat pegal di tangan.

Selain itu, pegal di tangan bisa menjadi gejala dari suatu kondisi, seperti cedera, kekurangan vitamin D atau kalium, sakit flu, maupun konsumsi obat-obatan tertentu. Pegal di tangan juga bisa bersifat kronis yang disebabkan oleh carpal tunnel syndrome, radang sendi, asam urat, atau lupus. Beberapa cara menghilangkan pegal di tangan yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  1. Istirahatkan tangan

Langkah pertama sebagai cara menghilangkan pegal di tangan adalah mengistirahatkannya. Jika tangan mulai terasa pegal, segeralah berhenti sejenak dari aktivitas yang sedang Anda lakukan. Hindari gerakan berulang atau penggunaan berlebihan pada tangan.

  1. Lakukan peregangan ringan

Peregangan ringan bisa menjadi cara menghilangkan pegal di tangan yang cukup efektif. Selain menghilangkan pegal, peregangan ini dapat meredakan nyeri serta meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak tangan. Ada beberapa latihan peregangan yang bisa Anda terapkan, yaitu:

Finger stretch

  • Kepalkan tangan Anda dengan lembut, lalu tahan selama 30–60 detik.
  • Lepaskan kepalan tangan Anda dan rentangkan jari-jari selebar mungkin.
  • Ulangi cara ini setidaknya sebanyak 4 kali.

Claw stretch

  • Tekuk jari tangan Anda ke bawah sehingga posisi tangan terlihat seperti akan mencakar.
  • Tahan pada posisi ini selama 30–60 detik.
  • Rentangkan kembali jari Anda dan ulangi gerakan ini sebanyak 4 kali.

Praying position stretches

  • Satukan kedua telapak tangan dan posisikan tepat di depan wajah.
  • Tempelkan kedua siku Anda, pastikan dari ujung jari hingga siku saling menempel dan dalam keadaan lurus.
  • Rentangkan siku Anda, lalu turunkan secara perlahan sampai sebatas pinggang.
  • Tahan pada posisi ini selama 10–30 detik.
  • Ulangi gerakan ini beberapa kali sampai rasa pegal berangsur membaik.

Extended arm stretches

  • Luruskan salah satu lengan Anda sejajar dengan bahu.
  • Arahkan telapak tangan Anda menghadap ke atas.
  • Turunkan perlahan jari tangan ke arah bawah dibantu dengan tangan lainnya.
  • Tahan posisi ini selama 30 detik, lalu lepaskan dan luruskan tangan kembali secara perlahan.
  • Ulangi gerakan ini sebanyak 2–3 kali dan lakukan juga pada tangan lainnya.
  1. Kompres dengan air hangat atau dingin

Kompres hangat dapat membantu meningkatkan aliran darah dan membuat otot-otot yang kaku lebih relaks, sehingga pegal di tangan dapat hilang. Hindari menggunakan air panas untuk mengompres tangan karena bisa menyebabkan luka bakar pada kulit. Selain dengan kompres, manfaat ini juga bisa didapatkan dengan mandi air hangat.

Di samping itu, kompres dingin juga bisa dijadikan cara menghilangkan pegal di tangan. Kompres dingin diketahui dapat meredakan peradangan pada otot dan sendi. Pastikan Anda membalut es batu dengan kain bersih sebelum dikompreskan ke tangan yang terasa pegal.

  1. Pijat tangan

Pijat dapat dijadikan cara menghilangkan pegal di tangan karena dapat membuat otot-otot lebih relaks dan meredakan nyeri. Terapi pijat tangan bisa dilakukan sendiri dengan cara memberi tekanan ringan dari bahu hingga ibu jari. Lakukan pijat setiap hari selama 15 menit untuk menghilangkan pegal di tangan sekaligus mencegah pegal muncul kembali. Anda juga bisa menggunakan minyak esensial atau losion saat memijat tangan.

  1. Minum air putih

Minum air putih merupakan cara sederhana untuk menghilangkan pegal di tangan. Alasannya, minum air putih dapat meredakan peradangan dan memberikan nutrisi ke otot, sehingga pegal-pegal di tangan dapat mereda. Terpenuhinya kebutuhan cairan juga bisa menjadi cara untuk mencegah pegal muncul kembali. Jika pegal atau nyeri di tangan terasa mengganggu, Anda dapat konsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen. Pastikan Anda mengonsumsi obat tersebut sesuai dengan aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Pegal di tangan umumnya dapat hilang dengan berbagai perawatan di atas. Namun, jika setelah melakukan cara menghilangkan pegal di tangan tetapi keluhan tak juga kunjung membaik atau sering kambuh, sebaiknya periksakan ke dokter. Dengan begitu, dokter bisa memberikan penanganan lebih lanjut yang sesuai.**(Sumber: Alodokter/Tulisan sudah ditinjau oleh: dr. Sienny Agustin/Foto: Istimewa/bnn/jit)

 

 

Leave a Response