Kesehatan

5 Cara Hempas Ketombe dari Kulit Kepala

250views

PERNAH nggak, ketika asik menyisir rambut tiba-tiba terdapat kotoran berwarna putih yang jatuh dari kulit kepala? Sel kulit mati yang terkelupas ini bernama ketombe. Kehadirannya seringkali membuat kita tidak percaya diri karena merusak penampilan. Ketombe juga sangat mengganggu karena membuat kepala terasa gatal.

Tidak jarang pula sebab menggaruk berlebihan membuat kulit kepala lecet hingga menyebabkan infeksi.

Ketombe datang disebabkan oleh beberapa hal seperti rambut dan kulit kepala yang tidak terjaga kebersihannya, kulit kepala yang kering, hingga penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok. Namun Anda nggak perlu khawatir. Berikut 5 cara untuk menghilangkan ketombe di kepala.

Keramas Secara Rutin

Keramas secara rutin bisa menghilangkan ketombe (Foto: Pexels.com)

Langkah pertama untuk menghilangkan ketombe adalah dengan keramas secara rutin. Dengan keramas maka sel-sel kulit mati akan terangkat beserta kotoran-kotoran lain yang menempel pada kulit kepala. Namun perlu diperhatikan juga untuk tidak terlalu sering keramas sebab menyebabkan kulit kepala kering dan malah memperbanyak ketombe. Menggunakan sampo khusus ketombe juga akan memberikan hasil yang lebih baik.

Oleskan Minyak Kelapa

Manfaat minyak kelapa sangat banyak untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Salah satunya menghilangkan masalah ketombe, sebab minyak kelapa mampu melembapkan kulit kepala. Cara pengaplikasiannya cukup gampang, oleskan minyak kelapa ke kulit kepala dan diamkan selama beberapa menit agar minyak terserap ke rambut dan kulit kepala. Lalu bilas dan cuci bersih menggunakan sampo.

Gunakan Tea Tree Oil

Kandungan pada tea tree oil mampu mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan menjadi antiseptik alami. Rasa gatal juga berkurang setelah menggunakan minyak ini. Untuk memakai tea tree oil pada rambut kepala, Anda bisa mencampurkannya pada sampo atau mencampurkannya dengan lidah buaya sebelum diratakan ke kulit kepala. Kemudian pijat-pijat dengan lembut dan bilas sampai bersih. Perlu diperhatikan, sebab tea tree oil kemungkinan termasuk alergen bagi beberapa orang perlu terlebih dahulu mengetesnya. Caranya dengan mengoleskan sedikit ke kulit lengan dan tunggu reaksi dalam satu hari. Jika muncul gejala alergi seperti warna kulit memerah, hendaknya jangan menggunakan tea tree oil ini.

Keramas secara rutin bisa menghilangkan ketombe (Foto: Pexels.com)

Mengaplikasikan Lidah Buaya

Penggunaan lidah buaya mampu menyehatkan rambut. Namun selain itu juga bisa menghilangkan ketombe di kulit kepala dengan kandung protein dan vitamin A yang ada di dalamnya. Caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya di kulit kepala dan  didiamkan selama kurang lebih 30 menit.

Mengoleskan Air Lemon

Cara pengaplikasiannya tidaklah sulit. Anda bisa meratakan air perasan lemon secara langsung ke kulit kepala maupun mencampurkannya terlebih dahulu dengan minyak mustard. Kemudian biarkan selama beberapa saat sebelum akhirnya dibilas dengan bersih.

Demikian 5 cara menghilangkan ketombe membandel di kulit kepala. Selamat mencoba dan nikmati memiliki rambut dan kulit kepala yang bersih dan sehat.**(Penulis: Malichatus Sa’diyah/Sumber: Fimela.com)

Leave a Response