Gaya Hidup

5 Cara agar Tidak Insecure dengan Kekurangan Diri

255views

SERINGKALI orang yang paling keras mengkritik kita adalah diri kita sendiri. Saat ada hal yang kita rasa berbeda dari orang lain, kita merasa insecure. Saat ada sesuatu yang tak sesempurna orang lain, kita merasa ciut dan rendah diri. Padahal tiap orang terlahir berbeda-beda, serta punya perjalanan hidupnya sendiri-sendiri.

Menyikapi kekurangan diri, wajar jika kita sempat merasa insecure atau tidak percaya diri. Namun, bukan berarti kita harus terus menerus meratapinya. Selalu ada peluang bagi kita untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Bahkan kekurangan diri yang kita punya bisa menjadi pemicu bagi kita untuk senantiasa melakukan perbaikan yang lebih baik dari waktu ke waktu. Bagi Anda yang sering merasa insecure dengan kekurangan diri, kini saatnya untuk menghadirkan sudut pandang yang lebih positif dalam menyikapinya.

1. Lakukan Sesuatu yang Bermanfaat

Kalaupun ada hal yang masih belum bisa kita pahami tak kuasai, kita masih bisa melakukan sesuatu dari sedikit kelebihan yang kita punya. Melakukan sesuatu yang bermanfaat akan membuat diri kita merasa berharga. Perasaan ini pun bisa membuat kita lebih percaya diri. Terlepas dari kekurangan yang ada, ada hal yang masih bisa dilakukan untuk menghadirkan manfaat, dan ini adalah hal baik.

2. Imbangi dengan Mengasah Kelebihan Diri

Daripada terus merasa rendah diri dengan kekurangan diri, mending fokus mengoptimalkan kelebihan diri. Setidaknya temukan satu kelebihan diri yang dimiliki, lalu kembangan dan asah terus untuk meningkatkan kualitas hidup jadi lebih baik lagi. Imbangi kesibukan dengan terus mengasah kelebihan diri yang dimiliki. Dengan demikian, tidak ada lagi rasa insecure dengan kekurangan diri.

3. Membuka Diri terhadap Pengalaman Baru

Kita bisa terus mendorong diri untuk belajar hal-hal baru dan mengasah kemampuan diri, sebab kita sadar ada banyak hal yang masih kurang dari diri kita sendiri. Kekurangan diri tak perlu dianggap sebagai penghambat kebahagiaan atau kesuksesan. Justru bisa dijadikan landasan untuk mencoba hal-hal baru. Memiliki pengalaman baru akan memperkaya jiwa dan meluruhkan rasa insecure.

4. Hindari Kebiasaan Membandingkan Diri yang Tak Sehat

Kurangi obsesi membandingkan diri dengan orang lain. Mengutip buku Merawat Luka Batin, membandingkan dengan tidak adil akan membuat perasaan kita menjadi lebih buruk. Kalau ingin perasaan lebih baik dan tidak gampang insecure, kurangi kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain. Fokus saja pada upaya untuk mengasah potensi dan kemampuan diri sebaik mungkin.

5. Terima Keunikan Diri

Kekurangan diri bisa membuat Anda lebih unik dan berbeda, dan ini bisa menjadi hal baik. Pribadi Anda akan tampak lebih menarik dan punya pesona sendiri dengan keunikan yang Anda punya tersebut. Tiap orang punya kekurangannya masing-masing. Untuk bisa berdamai dengan kekurangan yang ada, kita perlu menerimanya dengan lebih lapang dada.

Semoga Anda bisa makin nyaman dan percaya diri menjadi diri sendiri, ya. Terima kasih sudah berusaha melakukan semua yang terbaik hingga saat ini.**(Fimela/endah wijayanti/jit)

Leave a Response