Kecantikan

3 Cara Terbaik Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

204views

BIBIR kering dan pecah-pecah adalah salah satu hal yang tidak menyenangkan, apalagi bagi para wanita. Selain bikin lipstik yang dipakai kurang menempel. Bibir pecah dan kering juga terasa menyakitkan saat kulitnya terkelupas. Bahkan juga bisa berdarah. Kulit bibir yang jauh lebih tipis dan halus dibandingkan bagian tubuh yang lain, membuatnya mudah kering, pecah, hingga mengelupas. Lantas, bagaimana cara meredakan bibir dengan permasalahan tersebut? Langsung saja, yuk, simak penjelasan di bawah ini.

  1. Menggunakan pelembab bibir yang bagus

Ilustrasi seorang perempuan sedang makai pelembab bibir/Foto: iStock

Ada banyak produk lip balm yang bisa digunakan, dan merek populer mungkin sudah menggunakan bahan terbaik. Hindari menggunakan lip balm dengan kandungan mentol mint karena bisa membuat bibir lebih pecah dan kering dari sebelumnya, meskipun kendungan tersebut memberikan sensasi dingin. Bukan hanya itu saja, lip balm dengan kandungan fenol, kamper, dan beraroma perlu dihindari. Carilah pelembab bibir dengan kandungan sebagai berikut:

  • Minyak bumi
  • Lanolin
  • Lilin lebah
  • Ceramide
  1. Menggunakan bahan alami

Ada beberapa solusi alami untuk mengatasi bibir pecah-pecah, yaitu menggunakan bahan-bahan rumahan seperti:

  • Lidah buaya: gel ini mengandung vitamin, mineral, dan anti-inflamasi yang bisa menenangkan dan merehidrasi kulit yang rusak.
  • Minyak kelapa: minyak ini memiliki kandungan yang bisa meredakan peradangan dan bersifat emolien, yang artinya bisa menenangkan dan melembutkan kulit.
  • Madu: madu adalah salah satu bahan alami yang baik untuk merawat bibir kering. Mengandung antioksidan dan sifatnya yang antibakteri bisa membantu mencegah infeksi berkembang pada bibir.
  • Mentimun: mengandung vitamin dan mineral yang bisa memperbaiki penampilan bibir.
  • Teh hijau: kaya akan antioksidan dan mineral, serta juga mengandung polifenol yang bisa mengurangi peradangan. Caranya sangat mudah, cukup rendam sekantong teh hijau dalam air hangat dan gosokkan pada bibir dengan lembut.
  1. Perbanyak minum air mineral

Dehidrasi adalah salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Dehidrasi terjadi ketika asupan cairan pada tubuh kurang daripada yang dibutuhkan. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, imbasnya adalah menyebabkan kekeringan pada kulit, termasuk bibir. Biasanya, orang tidak menyadari bahwa ia dehidrasi, karenanya memperbanyak minum air sepanjang hari adalah solusinya. Namun, terdapat gejala untuk mengetahuinya, yaitu

Mulut kering

Merasa haus

Sakit kepala

Pusing

Asupan air harian yang perlu dipenuhi juga tergantung dari usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik. Tapi yang terpenting, perbanyaklah minum air mineral.

Demikianlah cara terbaik meredakan bibir kering dan pecah-pecah. Semoga bermanfaat!*(Penulis: Nur Faizah/Fimela.com)

 

Leave a Response