Kesehatan

3 Cara Mudah Meringankan Sakit Gigi Sebelum Pergi ke Dokter

309views

SAKIT gigi memang rasa sakitnya tidak tertahan. Biasanya disebabkan oleh gigi berlubang ataupun gusi bengkak. Selain rasa nyut-nyutan menyerang area mulut dan pipi, kepala juga akan berdenyut pusing. Sebelum menemui tenaga kesehatan terdekat untuk menanganinya, Anda bisa mengurangi rasa sakit gigi dengan beberapa cara. Mulai dari bahan sederhana hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Dilansir dari WebMD, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi nyeri gigi Anda.

Berkumur dengan Larutan Air dan Garam

Cara pertama yang paling bisa diandalkan adalah dengan berkumur larutan air dan garam. Cukup campurkan segelas air hangat dengan garam kemudian aduk hingga rata. Kumur dengan larutan tersebut agak lama kemudian keluarkan air kumuran tersebut dan kumur lagi dengan air biasa untuk menghilangkan sisa rasa asin yang menempel di lidah.

Mengompres dengan Es

Biasanya sakit gigi bisa ditandai dengan pipi Anda yang membengkak. Untuk mengatasi bengkak tersebut, Anda bisa menempelkan es batu yang sudah dimasukkan ke dalam plastik. Rasa dingin dari kompresan es tersebut, akan membantu mengurangi rasa sakit.

Memanfaatkan Bahan-bahan Alami

• Bawang Putih: Saat menghaluskan bawang putih, akan ada senyawa allicin yang terlepas, senyawa penangkal penyakit alami. Anda bisa mencoba mengunyah sepotong bawang putih atau menaruh potongan bawang putih di gigi yang berlubang untuk mengurangi rasa nyerinya.

• Ekstrak Vanila: Terdapat kandungan alkohol dalam ekstrak vanila. Dimana alkohol tersebut dapat mematikan rasa sakit pada gigi. Kandungan antioksidan di dalamnya juga bisa membantu mengurangi rasa sakit.

• Peppermint tea: Peppermint tea yang dingin juga bisa mengurangi nyeri sakit gigi Anda.

Beberapa cara di atas dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi dan gusi secara sesaat. Untuk tindakan lebih lanjut, Anda bisa datang langsung ke dokter dan ditangani dengan tepat.**(Penulis: Malichatus Sa’diyah/Sumber: Fimela.com)

Leave a Response