Keluarga

BLT BBM Rp 600 Ribu Sudah Cair, Begini Cara Cek Penerimanya

183views

JAKARTA, BANDUNGPOS.ID (4/9/2022) – Tahun ini, pemerintah kembali menyalurkan sejumlah Bantuan Langsung Tunai atau BLT. Salah satunya BLT BBM untuk melindungi daya masyarakat prasejahtera akibat tekanan berbagai kenaikan harga secara global. BLT BBM ini Rp 600 ribu ini sudah mulai dicairkan sejak 31 Agustus 2022. Namun, BLT BBM ini tidak akan diberikan sekaligus. Melainkan akan diberikan selama dua tahap, yakni pada bulan September dan Desember 2022, dengan total BLT per tahapnya senilai Rp 300 ribu.

“Jadi dalam hal ini, Ibu Mensos akan membayarkannya 2 kali, yaitu Rp300 ribu pertama dan Rp 300 ribu kedua,” ujar Sri Mulyani usai rapat bersama Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (29/8/2022).

BLT BBM Rp 600 ribu ini ditargetkan menyasar 20,65 juta penerima dengan anggaran Rp12,4 triliun, di antaranya termasuk penerima Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Program Sembako/BNPT, dan Program Keluarga Harapan (PKH). Selain itu, Presiden Jokowi menginstruksikan untuk memberikan BLT BBM ini kepada 16 juta pekerja yang memiliki gaji maksimal Rp 3,5 juta per bulan, dengan total anggaran Rp 9,6 triliun.

Dengan adanya BLT BBM ini diharapkan dapat meringankan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nah, bagi warga masyarakat yang penasaran, apakah namanya terdaftar sebagai penerima BLT BBM ini atau tidak, bisa mengeceknya melalui lama cekbansos.kemesos.go.id dengan langkah-langkah berikut ini:

Cara Cek Penerima BLT BBM Rp600 Ribu

1. Akses laman cek bansos Kemensos melalui link https://cekbansos.kemensos.go.id/.

2.Lengkapi alamat, seperti provinsi, kabupaten, kecamatan, desa atau kelurahan wilayah penerima.

3.Lalu, isi nama penerima sesuai KTP.

4.Ketikkan n8 huruf kode sesuai yang tercantum dalam kotak kode.

5.Jika kode kurang jelas, klik Refresh untuk mendapat kode baru.

6.Nah kalau sudah sesuai, Anda bisa klik Cari Data.

7.Data penerima manfaat BLT akan tersedia, di sini Anda akan mengetahui apakah Anda mendapatkan BLT BBM atau tidak.

Sebagai informasi, penyaluran BLT BBM Rp 600 ribu ini hanya akan dikirimkan melalui PT Pos Indonesia dan Himbara. Bagi yang belum tahu, Himbara adalah sebutan untuk empat bank BUMN, yaitu BRI, BNI, BTN, dan Mandiri.*(Hilda Irach/Fimela.com)

Leave a Response